TERBENTUKNYA PULAU LUSI

 

Sidoarjo, 12 jul 2023

Pulau Lusi merupakan pulau yang terbentuk dari endapan lumpur yang berasal dari bencana semburan lumpur panas yang terjadi di Porong, Sidoarjo. Pulau tersebut dapat terbentuk karena selama bertahun-tahun lumpur yang meluap dibuang ke Sungai Porong, Kemudian aliran sungai menghantarkan lumpur ke lokasi tertentu sehingga mengendap dan terbentuklah pulau baru.

Lokasinya berada di tengah sungai Porong, tepatnya di Dusun Telocor, Kedung Pandang Jabon. Pulau ini mulanya bernama Pulau Sarinah, sebelum akhirnya berganti nama resmi menjadi Pulau Lusi yang merupakan kepanjangan dari Lumpur Sidoarjo. Nama tersebut diberikan oleh Susi Pudjiastuti yang kalah itu menjabat sebagai menteri Kelautan dan Perikanan.

Pulau yang terbentuk dari hasil sedimentasi lumpur tersebut dicoba di tanami mangrove. Alhasil mangrove tumbuh dengan baik di pulau endapan lumpur Sidoarjo tersebut sehingga saat ini hampir seluruh pulau tertutup oleh pohon mangrove.

Pulau lusi terkenal dengan panorama masih alami dan memikat hati. Pengunjung bisa berswafoto dengan hutan mangrove sebagai latar belakangnya. Di Pulau Lusi terdapat saung untuk memanjakan pengunjung agar bisa berswafoto menghadap pulau dan hutan mangrive, jika beruntung anda bisa sekalian menikmati matahari terbenam ( sunset ).



-HDS



 



 


Komentar