TABRAKAN KERETA DI CICALENGKA BANDUNG

 

Bandung, 05 Januari 2024


Pada tanggal 05 jan 2024 Terjadi Kecelakaan Kereta Api (KA) Turungga dan KA  Lokal Bandung Raya Bertabrakan di Cicalengka, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

KA Turangga diketahui berangkat dari Stasiun Surabaya Gubeng menuju Bandung. Sedangkan KA Commputer line Bandung Raya berangkat dari Stasiun Padalarang menuju Cicalengka. Keduanya lalu terlibat tabrakan di KM 181+700 petak antara Stasiun Haurpugur-Stasiun Cicalengka pada Jumat (5/1) Pukul 06.03 WIB. Kecelakaan menyebabkan bagian depan  kereta mengalami rusak berat.

Direktur Eksekutif Institut Studi Transportasi (Instran) Deddy Herlambang meduga kecelakaan terjadi karena human eror yang terjadi pada masinis, yang mungkin mengantuk sehingga  melanggar sinyal yang diberikan untuk berhenti. Deddy juga menyebut factor kondisi jalur yang melengkung juga bisa berpengaruh pada kecelakaan itu. Dengan jalur melengkung mengakibatkan masinis tidak melihat jika depannya ada kereta.

Sebanyak empat orang dilaporkan tewas dalam kecelakaan ini, terdiri dari masinis, asisten masinis, pramugara, dan sekuriti. Adapun Korban luka sebanyak 42 ormg dan dua diantaranya  mengalami luka berat.



-HDS


Komentar